5 tips menanggulangi dosen galak

5 tips menanggulangi dosen galak

Kalian pasti pernah kan ngalamin diajar sama dosen yang galak? hari ini gw kasih tipsnya gimana cara menanggulangi dosen galak.

Oke. Hari ini gw bakal sharing tips-tips gimana caranya menanggulangi dosen kalian yang galak dan kadang ngeselin. Karena gw yakin sebagian besar mahasiswa pasti pernah berhadapan dengan dosen-dosen tipe ini dan seringkali mati kutu. Gak bisa jawab pas ditanya, dan minimal gagap-gagap lah kalo ditanya.

5 tips menanggulangi dosen galak

Berikut ini 5 tips menanggulangi dosen galak:

1. Berikan antusias kalian pada segenap perkataan dan perbuatannya

Gini gini, pengajar yang galak itu pasti suka banget yang namanya ngoceh panjang lebar dan kasih lu semua wejangan-wejangan sakti. Saat itu terjadi jangan sampe lu keciduk ngantuk, nguap, laper, mau kencing. apalagi mau boker. Lu harus merhatiin mereka dengan seksama. Karena intinya adalah mereka mau kalian merhatiin penjelasan mereka dengan baik. Baik itu ajaran mereka atau wejangan mereka yang terkadang lu sendiri bingung apa maksudnya. 

Pernah suatu hari gw dan temen-temen gw lagi di marahin sama dosen galak karena ngobrol dikelas. Saat dimarahin, temen gw tiba-tiba mangap gede. Gw bingung dan ngelirik ke muka dosen gw. Mukanya keliatan kesel dan kayak singa mau nerkam temen gw. Usut punya usut ternyata temen gw ini kupingnya rada budek, jadi dia beralasan membuka mulut supaya budek nya berkurang. Namun alasannya tidak diterima dosen gw dan akhirnya dia dimarahin buat sesi kedua.

2. Kenali karakter dosen kalian (biasanya suka orang yang pinter)

Kalian harus tau, kebanyakan dosen galak dan killer suka banget sama mahasiswa yang pinter. Jadi kalo kalian tau besok mau kuliah dengan dosen yang galak. Pilihannya ada 2, pertama kalian bisa belajar sekeras mungkin biar kalo ditanya gak planga-plongo. Kedua kalian bisa izin ga masuk kelas dia dengan alasan kalian masuk rumah sakit karena keracunan dog food. 

Tapi hal ini bener-bener terbukti setelah gw observasi dosen-dosen di kampus gw. Terutama di fakultas gw, mereka suka banget sama anak-anak yang pinter dan menganak emaskan mereka. Sampe-sampe kita disuruh ikutin anak emasnya itu. 

"Kalian harusnya belajar yang rajin dong kayak dia."
"Kalian harusnya ikutin dong cara belajar dia."
lama-lama dia ngomong "Kalian harusnya ikutan lahir dari rahim mama nya dong."

3. Jangan suka buat onar atau ajal kalian dijemput sama dia

Tips ketiga ini gak kalah penting. Kalo ada dosen yang killer dan galak, jangan coba-coba untuk buat onar dan sok gaul. Karena kebanyakan spesies mereka gak suka sama anak yang bandel dan pembuat onar. 

Kejadian ini pernah kejadian sama temen gw. Saat itu lagi kelas dosen gw yang terkenal galak, temen gw dateng dengan santainya dengan mulut masih mengunyah siomai. Dengan signal kuat, dosen ini langsung noleh dan nanya ke dia 

"abis darimana kamu? tau ga ini jam berapa?"
"maaf dok, tadi saya habis makan tanggung soalnya makanannya udah dateng."

Gw kaget tapi sekaligus gw berdoa buat dia soalnya ajal nya bentar lagi dateng. Hasil akhirnya adalah dia gaboleh ikut kelas dosen ini selama seminggu. Antara seneng dan sedih ya.

4. Rajin-rajin lah dalam mengerjakan tugas 

Kalo spesies mereka suka sama orang yang pinter, udah pasti mereka suka sama orang yang rajin pintar pangkal rajin kan? Anak-anak yang rajin ngerjain tugas, udah pasti di elu-elukan sama doi. Tapi gak cuma harus rajin, lu juga harus ngerti sama tugas yang lu kerjain. Karena tipe spesies seperti ini, biasanya bakal nanyain tentang tugas lu ke lu langsung dan ngetes lu ngerti gak sama tugas lu.
Pernah suatu hari gw ngerjain tugas dosen gw pake jasa joki kerjain tugas. Judul tugas gw adalah "SISTEM REPRODUKSI MANUSIA"

Saat pertemuan dengan doi, dia nanya "ayo coba kamu jelaskan soal sistem reproduksi manusia"
Dengan keringet dingin, gw gangerti harus ngomong apa. Tapi gw memberanikan diri ngomong dengan pengetahuan umum gw sebagai manusia cowo. 

sambil nunjuk pake pointer ke layar, gw mulai ngomong "Ya jadi kita liat disini, ini adalah kelamin cowok. Fungsinya ya buat bikin adik bayi yang lucu. Selesai."
Perjalanan gw sebagai mahasiswa pun terancam selesai.

5. Ambil nilai positifnya, jangan masukin ke hati nilai negatifnya.

Nah tips yang paling terakhir ini penting banget dan seringkali dilupakan. Kita seringkali menilai dosen yang galak dan killer itu gaada nilai positifnya. Tapi kita harus bisa ambil nilai positif dari makian dosen kita yang gak kita suka itu. Dibalik hal negatif sekalipun, pasti ada nilai positifnya kan? 
Lu bisa ambil pelajaran dari dia dan jadiin pelajaran ke depannya. Kalo itu sebuah kesalahan ya jangan lu ulangin lagi. Ntaps.

Oke jadi sekian aja tips-tips padat, singkat, dan jelas dari gw. Semoga tips-tips ini bisa lu praktekin untuk segera menanggulangi dosen di kampus kalian. Goodluck.

Baca juga:
Louis Rianto Selagi bisa gaul di tengah orang pinter, kenapa enggak?

0 Response to "5 tips menanggulangi dosen galak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel